Selasa, 29 Maret 2011

soal mtk



48.              Ibu membeli 40 buah permen.  Permen itu dibagikan kepada 8 orang anak.  Setiap anak mendapatkan ………………….. buah permen.
49.              Di kelas 2 ada 42 orang anak.  Anak-anak tersebut akan dibagi menjadi 7 kelompok.  Jumlah anak tiap kelompok adalah ………………. orang.
50.              Pak Amir mempunyai 32 ekor anak ayam.  Anak ayam tersebut dimasukkan ke dalam 4 kandang.  Jumlah anak ayam tiap kandang adalah ………………. ekor

56.              Ada 42 penumpang berada dalam 6 angkot.  Jika dalam sebuah angkot naik lagi 2 penumpang dan turun lagi 5 penumpang, maka jumlah penumpang sekarang adalah …………………. orang

57.              Ratih membeli dua bulah buku tulis yang masing-masing berisi 30 lembar kertas.  Untuk keperluan ulangan, Ratih merobek 4 lembar kertas dari buku tersebut.  Sisa kertas di buku Ratih adalah ………………….. lembar.

58.              Di kandang pak Mahmud terdapat 5 ekor ayam.  Masing-masing ayam memiliki 6 butir telur.  Setelah dierami telur tersebut menetas menjadi 27 ekor ayam.  Jumlah telur yang tidak menetas adalah ……………………. butir.

59.              Di kelas terdapat 40 siswa.  Siswa tersebut akan dibentuk menjadi 8 kelompok belajar.  Tiap kelompok terdapat 2 orang anak laki-laki.  Maka jumlah siswa perempuan tiap kelompok adalah ………………. orang.

60.              Pak Guru membagikan 36 buku kepada 9 siswa.  Salah seorang siswa yang menjadi juara pertama diberi tambahan 3 buah buku.  Jumlah buku yang diterima siswa yang menjadi juara pertama adalah …………………………….. buah.

61.              Pak Bobi mendapat resep obat dari dokter.  Obat yang dibeli sebanyak 42 butir.  Aturan minum obat adalah 3 X 2 tablet tiap hari.  Jika obat tersebut harus dihabiskan, maka obat tersebut akan habis dalam ………………..  hari.

62.              Pak Burhan penjual ikan.  Ia memiliki 6 buah akuarium.  Tiap akuarium berisi 12 ekor ikan.  Suatu sore ikannya laku 15 ekor.  Sisa ikan pak Burhan adalah ……………………………. ekor.

63.              Sandi mempunyai 8 ekor induk ayam.  Tiap ekor induk ayam memiliki 8 ekor anak.  Karena penyakit 6 ekor mati.  Sisa ayam Sandi adalah …………………….. ekor

64.              Di sebuah gedung terdapat 9 baris kursi.  Tiap baris berisi 7 buah kursi.  Sebanyak 4 buah kursi tidak dapat dipakai karena rusak.  Jumlah kursi yang dapat dipakai adalah …………………………..

65.              Irma membeli 4 kantong permen.  Tiap kantong berisi 6 buah permen.  Ibu memberikan lagi 3 kantong yang masing-masing berisi 4 buah permen buah permen.  Permen itu akan dibagikan kepada  6 orang temannya.  Maka tiap anak mendapat …………….. buah permen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar